Selama adanya pandemi Covid-19 ini, membuat para pelaku bisnis kuliner harus mampu menangkap peluang usaha kuliner di ruang digital. Keadaan baru mau tidak mau membuat para pelaku UMKM harus bisa beradaptasi dengan dunia digitalisasi.

Untung saja karena dunia semakin canggih, maka pelaku UMKM kini bisa melakukan usaha lebih mudah dengan adanya ruang digital. Nah salah satu caranya dengan menggunakan ekosistem Gojek guna menangkap peluang bisnis tersebut. Mengingat bisnis kuliner itu sangat populer, maka tak heran pula jika saat ini juga sudah ada banyak pelaku yang berlomba-lomba terjun ke bisnis tersebut.

Peluang Usaha Kuliner dengan Memanfaatkan Platform Online Gojek
voi.id

Peluang Usaha Kuliner dengan Memanfaatkan Sistem Internet

Saat ini pelaku UMKM, terutama kuliner sudah bisa menggunakan inovasi terbaru yang telah disediakan oleh Gojek. Terutama untuk mengantar makanan, maka GoFood sepertinya menjadi pilihan terbaik untuk penjual maupun pembeli.

Hal ini karena tidak hanya dari sektor UMKM saja, melainkan pengemudi transportasi daring juga berdampak dengan adanya pembatasan mobilitas. Apabila sistem Gojek digunakan, maka pelaku UMKM kuliner kini bisa menggunakan Gojek tersebut.

Sedangkan Gojek sendiri adalah aplikasi yang sudah memiliki banyak pengguna hingga lebih dari 190 juta lebih. Bahkan pada angka tersebut bisa digunakan untuk pelaku usaha kuliner untuk memperluas jualannya di masa pandemi ini.

Pengusaha Semakin Berkembang, Terutama Bagi Pemula

Tak hanya peluang usaha kuliner bagi para pelaku UMKM lama saja yang bisa menggunakan digitalisasi tersebut. Melainkan bagi pengusaha pemula ternyata juga bisa berkembang dan tumbuh di masa pandemi ini menggunakan digitalisasi.

Bahkan jumlah pebisnis pemula yang menggunakan GoFood mampu meningkat hingga 47% selama pandemi covid-19 ini. Selain itu tempat dari lima pengusaha UMKM juga percaya GoFood yang mampu mendorong pertumbuhan usaha tersebut.

Lebih lanjut, dalam riset itu, pelaku UMKM juga merasakan banyak manfaat berkat menggunakan GoFood dalam menjalankan bisnis mereka. Selain itu manfaat itu meliputi seperti kesempatan promosi GoFood maupun pelatihan kewirausahaan.

Lebih Optimis untuk Berbisnis Online

Meskipun masih dalam masa pandemi, peluang usaha kuliner masih mampu berjalan berkat memanfaatkan platform online. Tentunya hal ini bisa menunjukkan bila digitalisasi telah menjadi kunci utama bagi para pelaku UMKM untuk bertahan hidup.

Pada sebuah riset menunjukkan bahwa hampir seluruh mitra kurir dan pengemudi sudah memprioritaskan dengan Gojek. Bahkan mereka juga memiliki pendapatan yang berguna untuk menafkahi keluarga dan dirinya.

Selain itu mayoritas mitra dalam ekosistem Gojek sudah kembali mengalami pemulihan pendapatan lagi. Terutama jika dibandingkan sejak awal terjadi pandemi pada tahun 2020 lalu.

GoFood Mampu Menyajikan Kuliner Berkualitas

Peluang usaha kuliner demi mendapat konsumen yang banyak di masa pandemi, maka GoFood menjadi andalan bagi Gojek. Apa tujuannya? Yaitu guna membantu kebangkitan pada pelaku UMKM kuliner.

Kevin Aluwi selaku Co-Founder dan CEO Gojek juga telah mengatakan, bahwa ada dua inovasi yang menjadi andalan layanan tersebut. Yaitu GoFood Plus dan pesan sekaligus guna membuat pengalaman kuliner terjamin untuk para pengguna.

Berkat adanya fitur GoFood Plus itu, maka para pengguna Gojek bisa dengan mudah membeli paket langganan dengan potongan harga. Sehingga fitur tersebut akan menjadi salah satu andalan terbaik.

Peluang usaha kuliner dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Gojek seperti ini tentu akan memudahkan pelaku UMKM. Dengan demikian mereka bisa berjualan meskipun menggunakan sistem digitalisasi dan memanfaatkan GoFood untuk kemudahannya dalam berbisnis.

Leave a comment