Cara mengelola keuangan memang tidak semudah yang kita bayangkan. Oleh karena itu, memahami konsep dasar pengelolaannya itu sangat penting. Seperti yang kita ketahui, bahwa membangun bisnis dan mengembangkannya sampai besar membutuhkan komitmen dan usaha.

Sementara itu kesuksesan sebuah bisnis juga sangat ditentukan dari bagaimana caranya mengelola bisnis tersebut. Karena jika tidak dikelola dengan baik, kemungkinan besar bisnis tersebut tidak bisa berjalan secara maksimal.

Cara Mengelola Keuangan untuk Para Pelaku UMKM Paling Simpel
rekord.co.za

Cara Mengelola Keuangan Agar Tidak Mudah dalam Penanganannya

Sebagai pelaku UMKM, maka Anda harus bisa mengelola keuangan dengan benar agar bisnisnya lancar tanpa ada hambatan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan tersebut dengan mudah.

Pasalnya menjalankan sebuah bisnis tentunya tidak akan pernah terlepas dari keuangan, baik untuk modal maupun keuntungan. Dengan adanya uang, maka bisnis seseorang bisa maju dan berkembang setiap saat.

Meski demikian ada sebagian besar orang yang menjalankan bisnis namun tidak tahu bagaimana mengelola keuangan dengan benar. Jika Anda adalah salah satunya, maka trik seperti berikut ini bisa menjadi contoh yang baik.

Melakukan Perencanaan Secara Matang

Cara mengelola keuangan yang pertama adalah dengan membuat perencanaan secara matang dan tentunya harus lebih jelas. Sebab perencanaan keuangan yang baik, maka dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan usaha tersebut.

Perhitungan tersebut meliputi seperti pengeluaran, modal sampai dengan laba ruginya usaha yang Anda jalankan tersebut. Selain itu perencanaan ini juga berguna untuk menjadi salah satu panduan agar keuangan dapat terkontrol dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, melainkan perencanaan keuangan juga harus Anda sesuaikan dengan kondisi finansial Anda saat ini. Apabila berencana untuk melakukan hutang, maka sesuaikan jumlahnya dan kemampuan untuk melunasi utang tersebut.

Mencatat Semua Biaya Pengeluaran

Cara mengelola keuangan yang kedua adalah dengan mencatat semua biaya pengeluaran selama melakukan transaksi. Oleh karena itu setiap kali transaksi yang terjadi pada bisnis tersebut, catat semuanya sedetail mungkin.

Sebab jika hal ini tidak Anda lakukan sebaik mungkin, maka usaha yang Anda jalankan itu sangat sulit untuk berkembang. Jadi dengan mencatat seluruh biaya pengeluaran, Anda akan mudah untuk melacak dengan baik uang tersebut.

Pisahkan Uang Bisnis dan Pribadi

Sangat penting untuk Anda ingat, apalagi jika Anda adalah seorang pelaku UMKM pemula, maka sangat penting untuk Anda ketahui. Sebab salah satu faktor yang bisa membuat bisnis berantakan yaitu bercampurnya uang bisnis tersebut dengan uang pribadi. Maka Anda harus memisahkan keuangan tersebut.

Tidak hanya itu saja, melainkan pencatatan keuangan juga harus Anda lakukan, termasuk juga untuk pelaku UMKM. Pencatatan keuangan ini bisa Anda lakukan supaya dapat mengetahui besaran pemasukan maupun pengeluaran.

Dengan cara seperti itu, maka Anda sebagai pemilik usaha tersebut dapat melakukan evaluasi juga pada bisnis yang dikelola. Jadi selain hanya memisahkan uang bisnis dan pribadi, Anda perlu mencatat keuangan secara rajin atau disiplin.

Selalu Mengawasi Arus Kas Keuangan

Cara mengelola keuangan berikutnya yakni selalu mengawasi setiap saat arus kas keuangan pada bisnis yang sedang Anda jalankan itu. Salah satu tujuan dari pengawasan ini adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran kas.

Memang bukan perkara yang sangat mudah untuk bisa memantau arus kas, sebab ini memerlukan ketelitian yang tinggi. Karena jika salah satu huruf saja, maka semuanya bisa kacau, maka Anda harus paham akan dasar-dasar akuntansi. Cara mengelola keuangan memang sangat mudah jika Anda tahu bagaimana triknya.

Leave a comment